Senin, Mei 11, 2015

Menggunakan Mail Marge Microsoft Word dengan Bantuan Excel

Database in Whiteboard

Sebagai tindak lanjut dari artikel Cara Membuat Surat Massal di Microsoft Word 2007, disini saya akan menjelaskan pada kasus dimana jika list address yang ingin ditambahkan jumlahnya sangat banyak atau data-data yang akan dimasukkan terlalu lama jika ditulis pada address list word. Solusinya yaitu menggunakan Microsoft Excel.

Untuk memulai, pertama-tama siapkan data dalam microsoft excel dengan baris pertama diisi dengan judul field dan baris kedua dan seterusnya diisi dengan datanya. Misal pada gambar berikut ini, pada baris pertama saya mengisi nama dan alamat, kemudian dibawahnya adalah data yang saya contohkan dengan nama 1 dan seterusnya.

Excel Database

Setelah itu simpan dokumen excel tersebut. Lanjutkan dengan membuka file surat yang akan diperbanyak. Kemudian klik tab Mailings pilih Select Recipents lalu pilih Use Existing List... 

Use Existing List

Setelah itu akan muncul jendela open file, buka file excel yang telah anda simpan sebelumnya, dalam hal ini saya menyimpan file excel yang akan dijadikan database dengan nama "My Database", buka file anda.

Select Data Source

Setelah itu akan muncul jendela Select Table, pilih lokasi worksheet tempat anda menulis data tadi, klik sheetnya lalu pilih OK.

Select Table

Setelah anda yakin bahwa data yang anda masukkan dalam dokumen excel sebelumnya telah lengkap, lalu masukkan field pada dokumen surat anda pada tab Mailings klik Insert Merge Field lalu pilih field yang akan anda tambahkan sesuai tempatnya.

Insert Merge Field

Sekian dari saya, jika ada pertanyaan, saran maupun kritik, sampaikan di kotak komentar dibagian paling bawah halaman ini atau melalui page Contact. Terima kasih

Tidak ada komentar :

Blogger Tricks And Tips Comment here

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).